Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Habib Luthfi Memberikan Tausyiah pada Haul Habib Umar bin Thoha bin Yahya

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi), didampingi oleh Hasbullah Ahmad, Sekretaris Anggota Wantimpres menghadiri kegiatan Haul Akbar Habib Umar bin Thoha bin Yahya pada hari Minggu, 10 September 2023. Acara yang berlangsung di Tempat Pemakaman Umum RK Karangmalang Kabupaten Indramayu tersebut merupakan haul Habib Umar Bin Thoha Bin Yahya yang ke 140. Kegiatan Haul ini dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah termasuk dari unsur TNI, Polri, tokoh masyarakat, ulama, habaib serta ribuan jamaah dan masyarakat yang memadati area pemakaman.

Al Habib Umar bin Yahya, yang haulnya selalu diperingati setiap tahun ini tidak lain adalah datuk atau leluhur dari Habib Luthfi. Habib Zeth, salah seorang yang juga memberikan tausyiah, mengingatkan pentingnya menziarahi dan berdoa untuk orang tua yang telah meninggal dunia. Apatah lagi menziarahi seorang Waliyullah seperti Habib Umar Bin Thoha Bin Yahya. Menurutnya, para waliyullah adalah orang-orang yang berada dalam lindungan Allah SWT, sehingga mereka yang menziarahinya dan mencintai keturunan Rasulullah SAW (ahlul bait) maka akan dijauhi dari marabahaya.

Sementara itu pada tausyiahnya, Habib Luthfi menggambarkan sosok Habib Umar.
Kendatipun Habib Umar menetap di Kampung Sindang Laut, Indramayu namun dakwahnya luas hingga ke mancanegara sampai menetap di Shanghai, China selama 6 tahun. Habib Luthfi menambahkan bahwa Habib Umar memiliki kepekaan hati yang luar biasa dan sangat anti pada penderitaan fakir miskin. Inilah yang menyebabkan seluruh hasil panen yang dimilikinya selalu dibagikan kepada fakir miskin.

Habib Luthfi menceritakan betapa sulitnya perjuangan dakwah yang dilakukan oleh Habib Umar Bin Thoha Bin Yahya. Di satu sisi beliau berjuang mengusir penjajah Belanda dan pada saat yang sama harus berjuang menyelamatkan akidah umat Islam ahlussunnah waljamaah di Nusantara, sebagai wujud estafet dakwah para datuk-datuknya terdahulu. Akidah ahlussunnah waljamaah inilah yang kelak di kemudian hari selalu dijaga oleh Nahdlatul Ulama.

Habib Luthfi mengingatkan tugas kita saat ini tinggal merawat dan meneruskan perjuangan para pendahulu saja. Mengambil hikmah dari Habib Umar yang seorang petani maka kita berkewajiban untuk menciptakan ketahanan pangan. Dengan cara itulah kita telah merawat tanah air ini, mencukupi kebutuhan pangan umat dan pada gilirannya akan memperkuat pertahanan dan keamanan negara, pungkas Habib Luthfi.

Search