Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Presiden Membuka Secara Resmi Muktamar Ulama Sufi Dunia

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi) yang juga Presiden Forum Ulama Sufi Dunia (World Sufi Assembly) menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan rombongan di Sahid International Convention Center (SICC) Pekalongan, Selasa (29/08/23). Pada kesempatan tersebut Habib Luthfi didampingi oleh Menteri Pertahanan selaku Ketua Panitia Pelaksana Pusat Muktamar Sufi Internasional tersebut.

Dalam amanatnya pada pembukaan Muktamar, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Muktamar Sufi Internasional ini. Presiden menyampaikan bahwa kegiatan ini semakin meningkatkan kepercayaan dunia pada Indonesia sebagai bangsa yang dapat menjaga toleransi dan keberagaman. Presiden meyakini bahwa hal tersebut adalah juga peran dari para ulama yang memiliki sikap dan pandangan moderat sehingga tercipta iklim toleransi dan persatuan yang kokoh. Pada gilirannya hal tersebut akan membangun peradaban yang damai dan harmonis.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Prabowo Subianto memuji Indonesia yang memiliki dua orang diantara 500 orang tokoh muslim bepengaruh dunia yaitu Presiden Joko Widodo dan Habib Luthfi. Hal ini menunjukkan bahwa ulama dan umara dapat bergandengan tangan untuk memajukan bangsa.

Dalam sambutannya Habib Luthfi memberikan klarifikasi mengenai penunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Sufi Internasional tersebut. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru selain merupakan kesepakatan para ulama sufi dunia, pada Muktamar sebelumnya juga telah dilaksanakan kerjasama dengan Kementerian Pertahanan. Habib Luthfi juga menegaskan bahwa penunjukan Menhan tersebut sekaligus sebagai langkah untuk memperkokoh pertahanan dan keamanan nasional melalui kerjasama ulama dan umara.

Muktamar Sufi Internasional ini akan berlangsung dari tanggal 29-31 Agustus 2023 dan diikuti oleh 73 ulama sufi dari 38 negara dan ribuan peserta muktamar dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Turut hadir pada pembukaan Muktamar Sufi Dunia tersebut, Ketua Wantimpres Wiranto, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Jawa Tengah serta pejabat TNI-Polri dan Forkopimda.

Search