Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

H.R. Agung Laksono mengadakan Pertemuan Terbatas mengenai TKDN

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, H.R. Agung Laksono didampingi oleh Sekretaris Anggota Wantimpres, Ganjar Razuni, menyelenggarakan pertemuan terbatas dengan beberapa pihak dengan tema “Penguatan Sistem Monitoring Kandungan TKDN pada Obat dan Alat Kesehatan bagi Tumbuhnya Industri dan Pelayanan Kesehatan di Indonesia”. Pertemuan diadakan di kantor Dewan Pertimbangan Presiden pada Senin, 21 Agustus 2023.

Pertemuan terbatas tersebut diadakan dalam dua sesi terpisah, sesi pertama sebagai narasumber yaitu Kepala BPOM diwakili oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif, Kepala LKPP yang diwakili oleh Plt. Deputi Bidang Transformasi Pengadaan, Dirjen Kefarmasian dan Alkes Kemenkes, serta Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Sedangkan pada sesi kedua sebagai narasumber yaitu Sekjen GP Farmasi dan Sekjen Aspaki.

Dua sesi pertemuan tersebut didiskusikan mengenai upaya pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap barang impor pada sektor farmasi dan industri alat kesehatan. Selain itu dengan adanya TKDN diharapkan industri dalam negeri dapat berkembang dan secara perlahan meningkatkan ketahanan dan menghasilkan kemandirian nasional di bidang kesehatan.

Search