Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Gandi Sulistiyanto Menghadiri Acara Peluncuran Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia pada Rangkaian GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto, menghadiri Acara Peluncuran Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia pada rangkaian GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada tanggal 10 Agustus 2023 di ICE BSD, Kab. Tangerang, Indonesia.

Peluncuran IONIQ 5 Batik Indonesia merupakan inisiatif Gandi Sulistiyanto yang menandai babak baru dari 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea, khususnya kerja sama erat diantara dua sektor yaitu industri otomotif Korea dan ekonomi kreatif serta warisan budaya Indonesia. Sejalan dengan tema ‘Closer Friendship, Stronger Partnership’, diharapkan mobil listrik dengan desain batik dapat menjadi simbol persahabatan erat kedua negara.

“Untuk bangsa Indonesia, Batik tidak dipandang sebagai selembar kain, melainkan suatu Warisan Budaya Tak Benda yang telah tercatat di UNESCO sejak tahun 2009. Batik adalah ikon sejarah dan peradaban Tanah Air dimana teknik dan motif Batik diwariskan dari generasi ke generasi. Di daerah pembuatan Batik, seperti Pekalongan dimana saya dilahirkan, Batik sebagai modalitas ekonomi kreatif telah beralih menjadi sumber penghidupan untuk Usaha Kecil dan Menengah setempat” ujar Gandi Sulistiyanto.

Motif Kawung dengan apik menghiasi mobil listrik Hyundai IONIQ 5, menggambarkan kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian. Motif ini membawa harapan bagi penggunanya untuk dapat mencapai kesempurnaan yang bermanfaat bagi sekitarnya. Masyarakat Korea di Indonesia memandang motif Kawung menyerupai beras atau nasi yang diartikan sebagai sumber kesejahteraan atau rezeki melimpah, dan daun clover yang diartikan keberuntungan.

Search