Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Rapat Koordinasi Wantimpres Bersama Bappenas: Terobosan Kebijakan Strategis dalam Mewujudkan Satu Data Indonesia

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mengadakan rapat koordinasi bersama dengan Bappenas pada Kamis, 20 Juli 2023, di Kantor Wantimpres. Rapat koordinasi dipimpin oleh Dr. Begi Hersutanto, S.H., M.A., Sekretaris Ketua Wantimpres, dihadiri oleh para Sekretaris Anggota Wantimpres; Kolonel (Purn). Hasbullah Ahmad, Prof. Devanto S. Pratomo, S.E., M.Si., Ph.D, Sudiman Tarigan, S.H., M.H, Kepala Biro Data dan Informasi, M. Arfan Sahib Sali K., Tim Ahli Anggota Wantimpres, beserta Pejabat dan Pegawai Biro Data dan Informasi, Dewan Pertimbangan Presiden.

Narasumber dalam pertemuan tersebut adalah Drs. Oktorialdi, MA, Ph.D., Staf Ahli Menteri PPN/ Bappenas Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, dan Dr. Eng. Imam Machdi, M.T., Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik, Badan Pusat Statistik.

Penerapan Satu Data akan menghasilkan penguatan perencanaan dan keseragaman gerak antar instansi. Program Satu Data Indonesia akan dapat menghasilkan penghematan anggaran pengumpulan data hingga Rp7,8 Triliun per tahun, namun dibutuhkan penguatan regulasi dan penguatan kerjasama antar kementerian/lembaga sehingga akselerasi Satu Data Indonesia dapat dilakukan. Melalui rapat koordinasi tersebut diharapkan Anggota Wantimpres dapat memperoleh informasi mengenai program satu data secara komprehensif.

Search