Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Perkuat Narasi Pancasila dan Toleransi Lewat Ekosistem Digital

Sekretaris  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres RI), Jan Prince Permata mewakili anggota Wantimpres Dr H Soekarwo, SH, M.Hum menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan  yang digelar Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Bandar Lampung  bertema “Menjaga Toleransi, Merawat NKRI” di Gedung Semergou, Kompleks Kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung di Bandar Lampung, Sabtu (20/5/2023).
 
Dialog kebangsaan yang diawali dengan pelantikan kepengurusan DPC GMNI Bandar Lampung ini turut dihadiri Walikota Bandar Lampung Hj Eva Dwiana, Ketua DPRD Provinsi Bandar Lampung Ningrum Gumay, SH, M.H, Forkompimda Kota Bandar Lampung, Sekjen DPP GMNI M.Ageng Dendy Setiawan dan ratusan anggota GMNI dan perwakilan mahasiswa Kelompok Cipayung Plus.
 
Jan Prince Permata  mengimbau organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda dan mahasiswa seperti  GMNI, lebih aktif dan giat lagi mendorong partisipasi masyarakat dalam memperkuat persatuan dan toleransi. “GMNI harus lebih aktif lagi menggelorakan narasi Pancasila, persatuan bangsa dan toleransi di tengah tantangan-tantangan berbangsa yang semakin kompleks,” kata Jan.
 
Menurut Jan, transformasi digital dan digitalisasi yang sudah menjadi bagian budaya masyarakat saat ini  bisa dimanfaatkan untuk memperkuat narasi dan edukasi mengenai Pancasila. “Ekosistem digital harus dimanfaatkan dan diisi dengan edukasi juga narasi kebangsaan, Pancasila dan toleransi. Bisa difokuskan ke generasi Z yang sehari-hari terbiasa dengan digitalisasi,” kata Jan.  
 
Walikota Bandar Lampung Hj Eva Dwiana mengajak GMNI dan para mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus untuk terus memperkuat toleransi di Kota Bandar Lampung. “Mari terus perkuat toleransi dan merawat NKRI,” kata Eva.
 
Ketua DPRD Provinsi Lampung Ningrum Gumay menyatakan toleransi dan gotong royong merupakan nilai-nilai yang hidup di tengah masyarakat. “Untuk itu mari terus menjaga  toleransi dan menjalankan nilai-nilai Pancasila,” kata Ningrum Gumay yang juga Ketua Persatuan Alumni GMNI Provinsi Bandar Lampung

Search