Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Sidarto Danusubroto menghadiri Pelantikan Rektor Institut Pertanian Bogor

Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto menghadiri pelantikan Rektor Institut Pertanian Bogor University Periode 2023-2028, Prof. Dr. Arif Satria pada hari Rabu (18/1) di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW). Prof. Dr. Arif Satria terpilih secara aklamasi dalam Sidang Paripurna Terbuka Majelis Wali Amanat (MWA) IPB. Ketua MWA IPB, Prof. Tridoyo Kusumastanto memberikan selamat atas dilantiknya Prof. Arif Satria sebagai Rektor IPB University periode kedua. Dia mengatakan, laporan pertanggung jawaban rektor periode 2017-2022 telah diterima oleh MWA dalam Sidang Paripurna MWA.
Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud, MD., Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pendidikan Nasional Periode 2009-2014, Mohammad Nuh dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Periode 2014-2019, Agum Gumelar.

Dalam sambutannya, Rektor IPB terpilih menyampaikan dalam lima tahun ke depan banyak program dan cita-cita yang ingin dicapai, salah satunya membuat IPB Town. Menurutnya Kampus IPB Dramaga yang megah tidak boleh hanya dapat dinikmati oleh orang-orang di dalamnya, namun juga masyarakat sekitar. Fasilitas sekitar kampus dengan konsep town atau kota akan menjadikan sekitar Dramaga menjadi pusat pendidikan dengan akses dan lingkungan yang kompetitif. “Jadi kita perlu bangkit bersama, berkolaborasi juga membangun sekitar”, ungkap Rektor.

Selain itu, Rektor IPB menyebutkan inovasi-inovasi IPB University yang relevan untuk mendukung kementerian terkait. Rektor IPB menyatakan siap mendukung Kementerian Pertanian agar bisa mensukseskan swasembada kedelai dan bawang putih. IPB University menurut Arif memiliki teknologi yang dapat menghasilkan 4,6 ton per hektare untuk kedelai dan pentingnya beradaptasi dengan perubahan. Menurutnya, semua anak bangsa harus berubah menghadapi tantangan zaman. ™

Search