Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Tahun 2022

Puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah dilaksanakan tanggal 15-16 November 2022, di Hotel the Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali. 17 kepala negara anggota hadir secara langsung. Adapun 3 kepala negara: Rusia, Brazil, Meksiko diwakilkan oleh pejabat tinggi negara tersebut.

Sebelum pelaksanaan puncak acara, berbagai rangkaian acara telah dilaksanakan. Mulai dari pelaksanaan berbagai working groups, engagement groups, dan lain sebagainya. Selanjutnya pada puncak acara para pimpinan negara dan delegasi mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan, meliputi pelaksanaan konferensi, jamuan makan bersama, penanaman pohon mangrove, serta penutupan G20 Tahun 2022.

KTT G20 yang dilaksanakan di Bali membahas berbagai isu global diantaranya kondisi ekonomi global, ketahanan pangan, kesehatan, transformasi digital, transformasi energi, dan condemnation perang di Ukraina.

Melalui Presidensi KTT G20 Tahun 2022, Presiden Joko Widodo berharap KTT G20 akan bermanfaat tidak saja untuk negara anggotanya, namun bagi dunia dan utamanya negara-negara berkembang.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo secara resmi menutup rangkaian KTT G20 Tahun 2022 yang telah dilaksanakan dengan mengesahkan Bali Leaders Declaration yang dapat diadopsi. Selain deklarasi, Presidensi Indonesia juga menghasilkan concrete deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan.

Pada sesi penutup, Presiden Joko Widodo menyerahkan palu kepemimpinan presidensi G20 kepada India yang akan memegang presidensi G20 tahun 2023.

Sumber: BPMI Setpres

Search