Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Penggunaan APBN Untuk Pembelian Produk Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajarannya terus meningkatkan penggunaan anggaran belanja untuk membeli produk dalam negeri,  bukan untuk belanja produk impor. Hal tersebut disampaikan dalam acara pengarahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), panglima daerah militer, kepala kepolisian daerah, dan kepala kejaksaan tinggi. Wiranto, Ketua Wantimpres turut hadir dalam pertemuan tersebut, yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, (29/9).

APBN, APBD yang dikumpulkan dari pajak, dari bea cukai, dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP), dari dividen BUMN, yang terkumpul kemudian ditransfer ke daerah, sehingga penggunaannya diutamakan untuk produk UMKM dan koperasi.

Presiden Joko Widodo menyambut baik masuknya lebih dari satu juta produk UMKM dan koperasi di akhir tahun dalam e-katalog, yang sebelumnya baru 50 ribu produk. Namun, Presiden menegaskan pada seluruh jajarannya untuk terus membina UMKM dan koperasi yang ada di masing-masing daerah agar nantinya mereka siap mendaftarkan produknya masuk ke dalam e-katalog.

Sumber: BPMI Setpres

Search