Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Apel Merah Putih, Ikrar NKRI dan Silaturahmi Nasional Ulama, Umaro di Pekalongan

Mewakili Habib Luthfi, Hasbullah H. Ahmad, Sekretaris Anggota Wantimpres menghadiri Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Apel Merah putih dengan Inspektur Upacara Letnan Jenderal TNI Mar Suhartono diselenggarakan di Lapangan Mataram, kota Pekalongan pada hari Sabtu (29/10). Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid dan Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin beserta Forkopimda kota Pekalongan turut menghadiri Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI. Selain itu, Upacara juga diikuti oleh TNI/Polri, para Habaib, Ulama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Santri, Pelajar dan Organisasi Keagamaan, dan Organisasi Kemasyarakatan.

Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI merupakan kegiatan yang digagas oleh Habib Luthfi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Sebagaimana istilah hubbul wathon minal iman yang bermakna bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Dalam amanahnya Inspektur Upacara juga menyampaikan bahwa cinta tanah air sebagian dari iman membuktikan bahwa agama dan nasionalisme bisa saling memperkuat dalam membangun bangsa dan negara. Agama tanpa nasionalisme akan ekstrem, nasionalisme tanpa agama akan kering.

Masih dalam rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, selanjutnya dilaksanakan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Ulama dan Umaro yang diselenggarakan oleh Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN). Silatnas yang diselenggarakan di Djunaid Convention Center Pekalongan mengangkat tema “Membangun Sinergi Ulama, Umaro, TNI-Polri dan Tokoh Lintas Agama dalam rangka Memperkokoh NKRI dan menangkal Segala Bentuk yang akan Menggoyahkan Institusi TNI maupun Polri”. Tujuan Silatnas adalah untuk menjalin komunikasi dan keakraban sesama pilar bangsa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hadir sebagai pembicara dalam Silatnas, Kabailtelkam Mabes Polri, Komjen Pol Ahmad Dofiri, Tenaga Profesional Bidang Sosial Budaya dan Politik Dalam Negeri Lemhannas RI, Gusnar Ismail, Mayjen TNI Achmad Riad dan Direktur Pencegahan, BNPT, Brigjen Pol Ahmad Nur Wahid dengan moderator Sekjen Idarah Aliyah JATMAN KH Mashudi.

Search