Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Rusia dan China Veto Resolusi AS di DK PBB Soal Israel vs Hamas

Para anggota Dewan Keamanan PBB kembali memberikan suara terkait gencatan senjata Israel dan Hamas yang masih berlangsung hingga kini. Hal tersebut dilakukan setelah mereka terpecah dalam diskusi yang berlangsung pada Selasa (24/10). Rusia dan China memveto resolusi yang dirancang AS atas perang Israel dan Hamas di Jalur Gaza. Dalam pengambilan suara, Uni Emirat Arab memberikan suara “tidak” untuk resolusi AS, 10 anggota lainnya memilih “mendukung”, Brasil dan Mozambik memilih abstain.

AS mengajukan rancangan resolusinya pada Sabtu (21/10) yang mengejutkan beberapa diplomat karena blak-blakannya menyatakan Israel memiliki hak membela diri dan menuntut Iran berhenti mengekspor senjata ke kelompok militan. AS kemudian melunakkan rancangan keseluruhan, menghapus referensi langsung ke Iran dan hak Israel untuk membela diri. Namun, Rusia pada Selasa (24/10) mengumumkan tidak dapat mendukung rencana tindakan AS dan mengajukan usulannya sendiri.

Resolusi usulan dari Rusia juga gagal mendapatkan jumlah suara minimum. Hanya Rusia, China, UEA, dan Gabon yang mendukung usulan tersebut. Sembilan anggota abstain, sedangkan AS dan Inggris memberikan suara “tidak”. Sebuah resolusi memerlukan setidaknya sembilan suara dan tidak ada veto dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Rusia atau China untuk bisa segera diberlakukan.

Search