Pemerintah Dorong Kolaborasi UMKM Melalui Empat Pilar

Dalam membangun ekosistem e-commerce di Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mendorong kolaborasi melalui penguatan empat pilar. Empat pilar satu diantaranya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dimana UMKM yang terbuka terhadap perubahan, inovatif, dan punya kemauan berkembang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Dr. Kasan.

Pilar kedua, terkait lokapasar (marketplace) yang bersinergi dengan UMKM. Yakni melalui serangkaian pelatihan oleh penyedia layanan lokapasar untuk UMKM. Ketiga, ritel modern ikut berperan untuk memberikan untuk memberikan akses kemitraan agar jangkauan UMKM semakin luas. Dan yang terakhir adalah pembiayaan atau perbankan diharap memberikan akses pembiayaan kepada UMKM.

Kasan mengatakan bahwa Kemendag saat ini telah melakukan program fasilitator edukasi e-commerce kepada sekelompok orang di daerah. Edukasi ini dilakukan agar mereka memahami aspek e-commerce. Selain itu, Kemendag juga menghadirkan ekosistem Pedagang Melalui Sistem Online (PMSE) yang nyaman dan aman bagi konsumen. Dimana pemerintah telah menerbitkan regulasi melalui PP 80/2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem elektronik dan Permendag.

Search