Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Aremania Ngadu ke DPR, Korban Kanjuruhan Tak Dapat Dukungan dari Pemerintah

Perwakilan suporter klub sepak bola Arema, Aremania, datang ke Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, untuk rapat bersama Komisi X DPR, pada Selasa (8/11/2022). Aremania mengadu ke DPR lantaran keluarga maupun korban dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang tidak mendapatkan dukungan sama sekali dari pemerintah.

Salahudin memaparkan, persentase pemerintah dalam menjembatani rasa keadilan bagi korban dan keluarga Tragedi Kanjuruhan belum mencapai 10 persen. Menurutnya, hingga saat ini, masih ada puluhan korban yang menjalani pengobatan dengan rawat jalan.

Kemudian, Salahudin juga mengeluhkan pengusutan yang dilakukan aparat terhadap dugaan intimidasi yang dialami Aremania usai kejadian. Aremania lainnya, Andreas, turut menyampaikan keluhannya mengenai tidak adanya dukungan pemerintah daerah terhadap antusiasme Aremania dalam mendukung Arema di Malang. Contohnya adalah Stadion Kanjuruhan. Sejak awal tahun 2000-an, tidak pernah ada perkembangan yang berarti terhadap Stadion Kanjuruhan. Padahal, antusiasme Aremania sangat tinggi. Andreas turut mengomentari pernyataan mengenai pintu di Stadion Kanjuruhan yang terlalu curam, bahkan seperti penjara. Dia menekankan, walau pintu di Stadion Kanjuruhan curam, namun tidak pernah ada korban jiwa selama ini.

Search