Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas tragedi kerusuhan supporter di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menyebabkan ratusan korban meninggal. Jokowi menyesalkan terjadinya kerusuhan yang mengakibatkan 129 orang meninggal hingga saat ini.

Jokowi mengatakan juga telah memerintahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Kapolri, dan Ketua umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya. Karena itu, Kepala Negara juga memerintahkahkan penghentian sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 hingga evaluasi dan prosedur pengamanan penyelenggaraan kompetisi sepak bola dilakukan.

Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggal para korban dalam kerusuhan tersebut dan berharap peristiwa ini menjadi tragedi terakhir dalam sepak bola Indonesia. “Saya berharap ini adalah tragedi terakhir sepak bola di tanah air, jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang, sportivitas rasa kemanusiaan dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama,” ujarnya.

Search