Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Taliban Klaim Bakal Segera Dapat Pengakuan Internasional

Sejak mengambil alih kekuasaan di pada Agustus 2021, hingga kini belum ada satu negara pun di dunia yang secara resmi mengakui pemerintahan. Dunia internasional masih belum yakin, Taliban tidak akan melakukan hal yang sama dengan yang mereka terapkan di masa lalu.


Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi mengaku pemerintahannya akan segera mendapatkan pengakuan internasional. Hal ini diungkapkan Muttagi sekemballinya ia dari pertemuan dengan sejumlah negara Barat di Oslo, Norwegia.


Dalam proses mendapatkan pengakuan, kami semakin dekat dengan tujuan itu,” kata Muttaqi pada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (3/2/2022). “Itu adalah hak kami, hak rakyat Afghanistan. Kami akan melanjutkan perjuangan dan upaya politik kami sampai kami mendapatkan hak kami,” lanjutnya. Pembicaraan di Norwegia bulan lalu adalah yang pertama melibatkan Taliban yang diadakan di wilayah Barat dalam beberapa dasawarsa. Norwegia sendiri bersikeras bahwa pertemuan itu tidak dimaksudkan untuk memberikan pengakuan formal kepada kelompok garis keras Islam tersebut, namun Taliban telah menggembar-gemborkannya seperti itu. (HRD)

Search