Tim Kajian Upaya Eliminasi Malaria Setwantimpres Melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Keerom

Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Ganzar Razuni, didampingi oleh Dr. Chairul Radjab Nasution selaku Ketua Tim Kajian Upaya Eliminasi Malaria Setwantimpres, dan Analis Kebijakan Biro Data dan Informasi pada Selasa, 23 Juli 2024, melakukan kunjungan kerja ke sejumlah tempat di Kabupaten Keerom untuk melihat bagaimana penerapan program eliminasi Malaria di Kabupaten Keerom yang merupakan salah satu Kabupaten dengan tingkat Malaria tertinggi di Provinsi Papua.

Pada kunjugan kerja yang dilakukan ke Kabupaten Keerom, Ganjar dan Tim disambut oleh Wakil Bupati Kabupaten Keerom Wahfir Kosasih didampingi oleh Sekda Kabupaten Keerom dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom di kantor Bupati Keerom. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan beberapa pihak di RSUD Kwaingga dan kunjungan ke Puskesmas Arso Kota. Hadir dalam kegiatan diskusi di RSUD Kwaingga yaitu Wakil Bupati Keerom, Sekda Kabupaten Keerom, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom, Ketua Tim Kerja Malaria dari Kementerian Kesehatan, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, Direktur RSUD Kwaingga, Kepala Puskesmas Arso Barat, perwakilan pemerhati Malaria dari UNICEF dan Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (PERDHAKI), dan para kader Malaria.

Dari hasil diskusi dan pertemuan di Kabupaten Keerom didapatkan kesimpulan bahwa salah satu permasalahan tingginya angka Malaria di Kabupaten Keerom adalah pola pikir dan budaya hidup masyarakat yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, kondisi alam di Keerom yang memiliki suhu panas dan hampir sebagian besar masyarakat tinggal di rumah yang dikelilingi genangan air ikut menjadi pemicu tingginya angka Malaria di Keerom. Oleh sebab itu, penguatan kerjasama lintas instansi baik pusat dan daerah serta masyarakat menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk mengejar target eliminasi Malaria.

Search