Airlangga Pastikan Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yakin Indonesia bisa mencapai target keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap). Beberapa daerah di Indonesia bahkan sudah lolos dari middle income trap dengan pendapatan per kapita setara negara maju. “Jakarta sudah lolos dari middle income trap karena pendapatan perkapita nya mencapai  USD21.000 per tahun. Kalimantan Timur termasuk wilayah IKN dan Kalimatan Utara juga sudah lolos dari middle income trap,” kata Menko Airlangga saat Perayaan Hari Jadi Kemenko Perekonomian di Jakarta, Kamis (25/7/2024).​

Pendapatan perkapita Kaltim dan Kaltara menurut Menko sekitar USD17.000 per tahun. Sedangkan negara maju,  pendapatan perkapita nya di atas USD12.000 per tahun. “Melihat beberapa daerah tersebut, lolos  dari middle income trap  sangat mungkin dicapai di tahun 2030-2032. Kantor Kemenko Perekonomian  akan memetakan  semua  provinsi apa penggerak ekonomi nya, kesejahteraan, pendidikan dan tingkat kemiskinannya,” ucap Menko Airlangga.

Dari data yang ada, pemerintah jadi lebih tahu apa yang mesti dilakukan sesuai sumber dayanya. Kuncinya, perekonomian di suatu daerah harus lebih tinggi dari  pertumbuhan ekonomi nasional.

Search