Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Muhammad Luthfi Ali Yahya, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Memberikan Ceramah pada Silaturahmi Nasional Lintas Agama

Muhammad Luthfi Ali Yahya, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden hadir dan memberikan ceramah kebangsaan dalam acara Webinar Silaturahmi Nasional Lintas Agama dengan tema Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Kebhinekaan yang diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya pada tanggal 27 Desember 2020 di Mapolda Metro Jaya.

Acara ini terselenggara berkat pemikiran bersama antara Kapolda Metro Jaya dengan Pangdam Jaya/Jayakarta untuk membangun cara berfikir baru tentang bagaimana memandang rasa aman di tengah suasana pandemi. Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol, M. Fadil Imran menyampaikan bahwa kemajuan besar dunia ditopang oleh 3 hal, yaitu pengetahuan, kemajemukan dan toleransi. Selain itu, Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh elemen dan kelompok masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan, rasa aman harus kita kembangkan dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Luthfi Ali Yahya menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terselenggaranya acara ini dan seharusnya menjadi teladan wilayah lainnya untuk dapat mengadakan acara kebhinekaan semacam ini. Untuk mencegah merosotnya nasionalisme sebagai bangsa maka harus ada rasa memiliki terhadap bangsa ini yang dibentengi oleh kekuatan agama masing-masing. Menjaga nasionalisme dengan keteladanan terhadap para Guru Bangsa, para Sunan untuk membentengi dan mengganjal segala bentuk yang tidak diinginkan.

Menteri Agama Republik Indonesia, K.H. Yaqut Cholil Qoumas mengajak untuk menjadikan agama sebagai inspirasi bukan sebagai aspirasi, contohnya bahwa belakangan ini ada yang menggiring agama sebagai norma konflik (yang berbeda dengan keyakinannya akan dianggap musuh).

Pada Kegiatan Webinar ini para tokoh dan pemuka agama yang hadir membacakan ikrar kebangsaan sebagai komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya kesejukan kenyamanan dan kedamaian sehingga bisa menikmati indahnya perbedaan didalam persatuan.

Wakil Ketua MUI, K.H. Marsudi Syuhud menyampaikan bahwa kita dalam berbangsa dan bernegara walaupun bebeda keyakinan dan keimanan namun tetap bersatu untuk memajukan negara yang merupakan kesepakatan bersama ini.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Agama Republik Indonesia, K.H. Yaqut Cholil Qoumas, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Wakil Ketua MUI, K.H. Marsudi Syuhud, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza, serta perwakilan dari para pemuka tokoh agama dan tokoh masyarakat. (AIP)

Search