Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Wantimpres Berduka: Selamat Jalan Prof. Sri Adiningsih

Salah satu putri terbaik bangsa, Prof. Sri Adiningsih telah berpulang pada tanggal 17 Juni 2023 pada usia 62 Tahun di Yogyakarta. Prof. Sri Adiningsih merupakan figur cendekia dan teknokrat yang mumpuni. Almarhumah merupakan seorang Guru Besar Universitas Gadjah Mada yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Periode 2014-2019.

Semasa hidupnya, dalam melaksanakan tugasnya sebagai Ketua Wantimpres, Prof. Sri Adiningsih dikenal sangat dinamis, piawai di bidang ekonomi namun memiliki perspektif yang interdisipliner, berintegritas, disiplin, dan mampu memimpin para Anggota Wantimpres yang memiliki latar belakang yang beragam. Dalam setiap kesempatan Prof. Sri Adiningsih selalu memberikan pengaruh positif, serta suasana inklusif dan demokratis. Selama periode lima tahun, Almarhumah sangat produktif dalam menghasilkan ratusan pertimbangan bagi Presiden, demikian pula dalam menghasilkan pemikiran dan ide melalui tulisan, buku, maupun melalui berbagai forum publik, akademis dan kedinasan. Sebagai figur yang luar biasa, dan dengan pengalaman dan perjalanan hidup yang beragam, Prof. Sri Adiningsih telah menyentuh berbagai aspek kebangsaan dan kalangan. Secara signifikan Almarhumah telah berperan dalam membantu pengambilan keputusan Presiden Jokowi pada periode lima tahun pertama.

Rangkaian prosesi penghormatan yang dihadiri ribuan orang, sahabat dan keluarga diselenggarakan di Gereja Kristen Jawa Sawokembar Gondokusuman dan Balairung UGM. Secara khusus di Balairung UGM, Bapak Sidarto Danusubroto, Anggota Wantimpres turut hadir dan memberikan penghormatan terakhir mewakili Dewan Pertimbangan Presiden. Selanjutnya, dengan diiringi keluarga, Almarhumah dimakamkan di pemakaman Gunung Sempu Hills Memorial Park, Yogyakarta pada Minggu, 18 Juni 2023. Prof. Sri Adiningsih meninggalkan suami, dr. Kunta Setiaji, SpB.Subsp.Onk(K) dan seorang putri, Stri Nariswari Setiaji.

Search