WhatsApp Image 2020-06-18 at 14.06.35

Muhamad Mardiono Memberikan Dukungan dan Apresiasi Terhadap Penanganan Covid-19 Kepada Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Dalam menghadapi pandemik Covid-19 dan kondisi New Normal di saat seperti sekarang ini, diperlukan kerjasama dan gotong royong dari seluruh komponen bangsa untuk terus disiplin menjalankan protokol Covid-19. Diharapkan aktivitas masyarakat tetap terus berjalan dengan produktif dan aman. Penguatan kebijakan pemerintah dengan dukungan pengusaha dan masyarakat diharapkan akan mampu menciptakan optimisme keberlangsungan pembangunan Indonesia dalam kondisi New Normal.

Sebagai bentuk komitmen dukungan dan apresiasi, Muhamad Mardiono, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menemui Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor BNPB pada Selasa, 16 Juni 2020. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk terus mendorong Gugus Tugas Nasional mengeluarkan kebijakan dan langkah taktis yang cepat tanggap dan responsif dalam menanggulangi pandemik Covid-19. Dalam pertemuan tersebut, turut hadir mendampingi Sekretaris Anggota Wantimpres dan Deputi Bidang Pencegahan BNPB.

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan oleh Mardiono bahwa Pembangunan ekonomi kerakyatan melalui penguatan ekonomi pedesaan di tengah era New Normal dan pandemik Covid-19 diperlukan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat. Dengan menggunakan produk dalam negeri diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi dari pedesaan dan ditindaklanjuti dengan pengembangan outlet pemasaran dan pengolahan nilai tambah produk di daerah perkotaan. Pengembangan sistem informasi untuk manajemen pemasaran produk dan rantai pasok berbasis aplikasi akan mampu meningkatkan konektivitas dan rantai pasok antara ekonomi pedesaan dan perkotaan. Melalui program penguatan ekonomi pedesaan dan industri pengolahan di perkotaan maka dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat yang lebih mandiri dan berdikari.

Sehubungan dengan hal diatas, Mardiono mendorong perlunya upaya terus menerus untuk memutus penyebaran Covid-19 dan peningkatan ketahanan kesehatan masyarakat dengan melakukan rapid test pada sentra-sentra produksi di kawasan industri. Sebagai bentuk tindakan nyata, Mardiono akan memberikan sumbangan dalam bentuk penyelenggaraan tes PCR bagi para pekerja produktif dan masyarakat di lingkungan kawasan industri, khususnya di Kawasan Industri Cilegon, Banten. Oleh karenanya, Mardiono meminta kerjasama dari pihak BNPB untuk turut membantu dalam kegiatan tersebut (AD).