Kelas Menengah Jadi Tumpuan Geliat Konsumsi

BPS mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2O22 mencapai 5,01 persen secara tahunan. Konsumsi rumah tangga tumbuh 4,43 persen dan kontribusinya terhadap PDB 53,56 persen. Geliat konsumsi atau belanja pada masa Ramadhan-Lebaran 2022 akan mengungkit pertumbuhan ekonomi. triwulan 11-2022. Hal itu terindikasi dari indeks belanja Ramadhan 2022 yang tumbuh 31 persen menjadi 179,4 atau jauh di atas ambang batas indeks sebesar 100.

Vice President for Industry and Regional Research Office of Economist Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Dendi Ramdani, Kamis (12/5/2022), mengatakan, kenaikan indeks belanja Ramadhan 2022 terjadi di semua kelompok penghasilan. Masyarakat berpenghasilan menengah berbelanja paling tinggi, sedangkan belanja masyarakat berpenghasilan rendah dan tinggi kembali di atas level prapandemi. Kelompok kelas menengah mulai berbelanja dan akan jadi pemantik pemulihan. Namun, sama halnya masyarakat kelas bawah, mereka menghadapi tuntutan pengeluaran yang relatif besar di tengah kenaikan harga pangan dan energi serta tahun ajaran baru 2022/2023.