Pertemuan Terbatas Dewan Pertimbangan Presiden dengan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada Rabu, 24 November 2021 telah menyelenggarakan pertemuan terbatas secara daring dengan Ketua Umum KADIN Indonesia. Pertemuan dipimpin oleh Wiranto, Ketua Wantimpres dan dihadiri oleh para Anggota Wantimpres yaitu Arifin Panigoro, Agung Laksono, Putri Kus Wisnu Wardani, Sidarto Danusubroto dan Soekarwo. Pertemuan tersebut mendiskusikan mengenai dampak negatif Pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi. Meskipun kondisi pandemi Covid-19 semakin membaik seiring perkembangan vaksinasi yang terus meningkat, akan tetapi saat ini dunia usaha nasional belum sepenuhnya bangkit dari keterpurukan. Banyak pelaku usaha yang mengurangi aktivitas produksi karena rendahnya daya beli masyarakat akibat kebijakan pembatasan mobilitas.

Penurunan juga terjadi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun korporasi. Pembatasan sosial dan fisik, membuat proses produksi dan pasokan terhambat. Selain itu, Kinerja ekspor pun tidak luput terkena dampak pandemi. Fluktuasi terjadi pada kinerja ekspor yang disebabkan belum stabilnya permintaan dari  mitra dagang.

Pertemuan itu juga mendiskusikan mengenai strategi pemulihan ekonomi dari berbagai permasalahan di atas serta risiko munculnya kembali gelombang ketiga Covid-19 akibat varian baru virus Corona. Hal tersebut memerlukan kerjasama yang baik, tidak hanya pemerintah dengan masyarakat, tetapi juga para pelaku usaha. (IP)