Pembangunan Industri Perkeretaapian Menuju Kemandirian Transportasi Publik Nasional

Mewakili Wantimpres, Mohammed Ali Berawi Sekretaris Anggota Wantimpres memberikan keynote speech dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Transportasi Urban Berbasis Kereta Listrik” yang diselenggarakan oleh Institut Studi Transportasi (INSTRAN) pada tanggal 23 Juni 2022 di Pullman Jakarta Thamrin.

Mohammed Ali Berawi menyampaikan pentingnya pembangunan industri perkeretaapian menuju kemandirian transportasi publik nasional.

Fokus utama pemerintah tetap transportasi publik yang berkesinambungan dan ramah lingkungan, dalam hal ini kereta api menjadi salah satu moda transportasi pilihan. Masyarakat memerlukan pelayanan transportasi yang efisien, efektif, aman, dan nyaman.

Oleh karenanya, diperlukan kebijakan dan langkah strategis untuk membangun dan memperkuat kemandirian industri transportasi publik.

Pemanfaatan kemajuan teknologi pada sistem perkeretaapian telah membawa dampak peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan serta operasi dan pemeliharaan. Pengembangan ekosistem industri yang melibatkan berbagai parapihak, regulator, operator serta industri manufaktur dan rantai pasok harus dapat diarahkan untuk memperkuat peningkatan produktivitas dengan mengutamakan penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Pembangunan massif sistem transportasi publik merupakan momentum penguatan industri nasional dan peningkatan kapasitas dan kinerja parapihak terkait untuk kemandirian produksi dalam negeri, tutup Ali Berawi.