Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Komitmen Negara Dalam Mencerdaskan Disabilitas Menyongsong Indonesia Inklusi 2030

Mewakili Sidarto Danusubroto, Anggota Wantimpres, Sudiman Tarigan, Sekretaris Anggota Wantimpres menjadi pembicara kunci pada talk show memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022 dengan tema “Komitmen Negara Dalam Mencerdaskan Disabilitas Menyongsong Indonesia Inklusi 2030” di Universitas PGRI Argopuro Jember (Unipar) pada hari Rabu (21/12). Talk show tersebut dihadiri oleh Asrorul Mais, Akademisi dari Unipar, Eko Puji Purwanto dari Perpenca Jember serta Prof. Dr. Pujianto, M.Pd., Perwakilan Kemendikbud, Kepala Divisi Difabel Universitas Negeri Surabaya yang hadir melalui Zoom Meeting.

Sudiman Tarigan mengapresiasi yang dilakukan Unipar Jember sebagai satu- satunya lembaga pendidikan yang memberikan fasilitas untuk 180 disabilitas dan dapat dijadikan contoh untuk lembaga Pendidikan lainnya. “Semangat yang ditunjukkan teman-teman kita apresiasi, bagaimana keterbatasan fisik tidak membuat mereka menjadi down, ujar Sudiman.
Sudiman berharap semangat tersebut dapat membuka mata kita semua, membuka mata pemerintah, membuka mata lembaga yang ada yang bisa memberikan partisipasi agar ke depan saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan mempunyai kesempatan yang sama. Mereka mempunyai hak yang sama, itu di wadahi oleh konstitusi. Jadi kewajiban negara dan seluruh warga negara juga agar memperlakukan saudara-saudara kita itu dengan setara.

Keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang untuk mencapai berbagai prestasi yang membanggakan. Hal ini telah dibuktikan dalam pelaksanaan ASEAN Para Games yang lalu. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi. Presiden Jokowi mengaku sangat terharu dan bangga atas beragam pencapaian yang diperoleh kaum disabilitas, Menurut beliau, di tengah keterbatasan, mereka mampu mempersembahkan sesuatu yang luar biasa untuk bangsa dan negara. Dalam ASEAN Para Games tersebut, Indonesia berhasil menjadi juara. Perolehan medali emas ini terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games.

Prestasi dan capaian penyandang disabilitas bukan hanya di bidang olah raga, namun dalam banyak hal, penyandang disabilitas justru menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat, karena menunjukkan semangat juang, rasa percaya diri, kreativitas, dan semangat kerja yang luarbiasa melebihi orang lain. ™

Search