Foto Bapak A. Malik Fadjar_Crop

Abdul Malik Fadjar, mantan Anggota Wantimpres, berpulang

Kabar duka datang menyelimuti Wantimpres, mantan Anggota Wantimpres pada periode pertama Presiden Jokowi (2015 – 2019), Abdul Malik Fadjar meninggal dunia pada Senin, 7 September 2020, pukul 19.00 WIB, di Jakarta pada usia 81 tahun.

Semasa hidupnya, Abdul Malik Fadjar yang lahir di Yogyakarta pada 22 Februari 1939 dikenal sebagai seorang guru dan tokoh bangsa yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Selama menjabat sebagai Anggota Wantimpres yang saat itu diketuai oleh Sri Adiningsih, beliau banyak memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden terutama mengenai pendidikan, keagamaan, politik dan kemajemukan bangsa.

Malik Fadjar yang juga tokoh Muhammadiyah, pernah berkiprah memimpin Kementerian Agama pada era Presiden B.J. Habibie tahun 1998 hingga 1999. Selain itu, beliau juga menjadi Menteri Pendidikan Nasional pada kepemimpinan Presiden Megawati periode 2001-2004.

Upacara pemakaman dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, 8 September 2020, dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Bapak Muhadjir Effendy. (AD & FA)