IMG-20200817-WA0020

Muhammad Luthfi Ali Yahya, Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa pada Acara Silaturahmi Kebinekaan di Kabupaten Indramayu

Muhammad Luthfi Ali Yahya, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beserta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat menghadiri Silaturahmi Kebinekaan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di Kabupaten Indramayu pada tanggal 12 Agustus 2020.

Pelaksanaan Silaturahmi Kebinekaan merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di 3 tempat yakni Masjid Islamic Center Syeh Abdul Manan, Vihara Dharma Rahayu (Klenteng An Tjeng Bio), serta Gereja Santo Mikail.

Turut Hadir dalam Silaturahmi Kebinekaan Kapolda Jabar Irjen Pol.Drs.Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M, Gubernur Jabar Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil,S.T., M.UD, Para PJU Polda Jabar, PJU Kodam III/Siliwangi, Danrem 063/SGJ, para Bupati/Walikota Wilayah III Cirebon, Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto, S.I.K., M.Si., Forkopimda Kab. Indramayu, Ketua MUI Kab. Indramayu KH. Syatori, MA., beserta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya Muhammad Luthfi Ali Yahya mengajak masyarakat Indramayu untuk menjaga persatuan dan kebinekaan yang selama ini menjadi ciri dan karakter masyarakat Indonesia. Menurutnya, kebinekaan merupakan ajaran luhur nenek moyang bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

“Sebagai bangsa yang besar, Indonesia sangat menghargai kemajemukan. Namun kemajemukan dan keragaman itu dibingkai oleh toleransi yang akhirnya memunculkan perdamaian dan kerukunan, sehingga Indonesia menjadi contoh dunia sebagai negara majemuk namun memiliki potensi konflik SARA yang rendah. Bangsa Indonesia adalah masyarakat majemuk yang cinta damai. Mari kita pelihara kebinekaan ini sebagai modal dasar pembangunan”, kata Muhammad Lutfi.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, pihaknya bertekad untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang penuh toleransi dan menjadi rumah dari keberagaman. Kegiatan Silaturahmi Kebinekaan ini akan terus digelar di berbagai kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. (AIP)